Jakarta 32 derajat Celcius

Pengantar Jakarta 32oC 2008

Indra Ameng
Project Officer Jakarta 32oC-2008

Untuk ketiga kalinya, ruangrupa bekerjasama dengan rekan-rekan seniman muda ibukota yang tergabung dalam komplotan Jakarta 32oC menyelenggarakan project JAKARTA 32oC, sebuah project seni yang bertujuan sebagai forum pertemuan antar mahasiswa di Jakarta dan untuk menampilkan karya-karya visual terbaru mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta kepada khayalak luas. Jakarta 32oC adalah sebuah pameran besar bagi karya-karya mahasiswa di Jakarta, yang diselenggarakan dua tahun sekali pada tahun genap sejak tahun 2004, yang diawali dengan mengadakan road show ke berbagai kampus, pengkoleksian karya mahasiswa, pendataan karya, forum presentasi, pertemuan, diskusi dan penyeleksian karya. Program dalam project tahun ini meliputi: pameran, pemutaran film dan video, workshop, diskusi, dan pemberian penghargaan untuk 5 karya terbaik.

Dalam konteks organisasi seni, ruangrupa sebagai sebuah organisasi seni telah melakukan kerja mediasi (produksi/kolaborasi/eksperimentasi kreatif), diseminasi (promosi/publikasi/penerbitan), serta telaah/ dokumentasi terhadap perkembangan seni rupa dan fenomena budaya visual selama 8 tahun sejak didirikan pada tahun 2000. Keseluruhan program kerja ini dilakukan secara intens oleh ruangrupa untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia dan lebih jauh menjadikan praktek seni/kreatif sebagai sebuah praktek budaya yang kritis, edukatif dan inspiratif bagi publik.

Jakarta 32oC merupakan salah satu project seni yang merupakan bagian dari program kerja disminasi yang berfokus pada menemukan/menghasilkan, mendukung dan mempromosikan serta menyebarkan karya-karya dan gagasan kreatif seniman muda melalui pameran dengan kuratorial selektif tertentu kepada khalayak luas. Selain itu juga menjaga keberlanjutan gagasan kreatif serta potensi dari seniman muda. Yang mana potensi ini dapat terus menerus didorong dan ditumbuhkembangkan, bukan hanya melulu demi pencapaian-pencapaian artistik yang lebih baik, tapi juga gagasan-gagasan tajam yang dapat memperkaya dan memperluas pandangan kita dalam melihat lingkungan, ruang, identitas, keseharian, dan lain-lain, dengan cara yang berbeda.

Untuk itu, berbeda dari 2 kali penyelenggaraan sebelumnya, kali ini kami membuat tema khusus pada project Jakarta 32oC – 2008, yaitu karya-karya bertemakan situasi sehari-hari, yang berhubungan dengan permasalahan sosial dan budaya, juga interaksi dengan lingkungan, dan masyarakat sekitar, khususnya kota Jakarta sekarang. Melalui tema khusus ini,kami “memancing” mahasiswa untuk berani menyatakan pendapatnya, memberikan kritik, menawarkan gagasan-gagasan segar, ataupun membicarakan permasalahan sosial budaya sehari-hari yang dekat dengan lingkungannya, melalui karya visual dari sudut pandang personal anak muda.

Lewat karya-karya seniman muda ini, menarik untuk disaksikan bagaiman mereka memiliki kecenderungan untuk membawa “dunianya” dan “kesenangannya” ke dalam karyanya. Ketertarikan anak muda akan budaya pop seperti film, musik, desain, fashion, subkultur dan lain-lain, banyak mempengaruhi karya mereka. Pameran ini diharapkan dapat memperlihatkan perkembangan visual terbaru dari karya mahasiswa, juga sekaligus dapat memperlihatkan fenomena budaya populer masa kini.

Dalam Jakarta 32oC-2008, juga untuk pertama kalinya kami memberikan Penghargaan Khusus bagi 5 karya terbaik. Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada seniman muda atas pencapaian kreatifnya. Proses seleksi 5 karya terbaik ini dilakukan oleh Tim Juri Jakarta 32oC. Selain penghargaan, 5 karya Terbaik akan dipamerkan di 3 kota: Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Penghargaan Khusus ini akan diberikan pada saat penutupan pameran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: